Breaking

Senin, 05 Juni 2017

Listrik Di Rumah Kamu Boros? 6 Langkah Agar Listrik Tidak Menjadi Boros

Listrik Di Rumah Kamu Boros? Begini Caranya Agar Hemat



Kita sedang hidup di jaman yang semua-semuanya pakai teknologi. Dan seperti yang kita semua ketahui, kebanyakan teknologi yang memudahkan kita tersebut, harus dicolokkan ke listrik, sebagai sumber daya utamanya. Mau tak mau, hal ini akhirnya berdampak pada membengkaknya tagihan listri setiap bulannya.

Jika musim kemarau, listrik akan membengkak karena AC yang terus menerus dinyalakan. Dan jika sedang musim dingin, giliran water heater yang tidak pernah mati. Nah, jangan mau dikalahkan teknologi. Kita juga harus punya trik agar tidak mengeluarkan banyak uang untuk tagihan listrik. Ini nih beberapa cara yang wajib dicoba

1. Lampu LED



Sudah pernah mendengar lampu hemat energi? Nah, ini juga merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi. Jika dulu, banyak yang menggunakan lampu neon sebagai pilihan, kini ada tiga macam lampu hemat energi yang bisa menggantikan fungsinya, namun berdaya jauh lebih kecil.

Lampu LED, adalah lampu yang hanya menggunakan 20% – 25% energi yang biasa digunakan oleh lampu neon, namun mampu bertahan 25 kali lebih lama. Hebatnya lagi, segala lampu hemat energi kini bisa diperbaiki, loh.

2. Matikan Yang Tidak Perlu


Meski sudah menggunakan lampu hemat energi, ada baiknya tetap mematikan lampu di siang hari. Jadikan aktifitas mematikan lampu, AC, kipas angin, dan lain-lain langsung ketika bangun tidur. Gerakan mematikan lampu juga berlaku untuk kamar mandi dan dapur, ya.

Karena lampu di dua ruangan ini, hampir tidak pernah dimatikan. Buka jendela, agar sinar dapat masuk ke dalam rumah.

3. Sun Lighting


Jika kebetulan kamu sedang membangun rumah, atau merenovasinya. Ganti sebagian atapmu dengan bahan transparan, juga sebagian dinding dari kaca. Bisa juga memperbanyak jendela yang ada. Hal ini untuk memaksimalkan sun lighting, atau penerangan yang langsung dari sinar matahari.

Jadi, di siang hari, rumah kamu tidak perlu lampu sama sekali. Selain hemat, hal ini juga bikin sehat karena sirkulasi udara juga menjadi lebih baik.

4. Buat Jadwal Rutin


Buat jadwal rutin untuk mencuci dan menyetrika. Misalnya, daripada mencuci sedikit baju setiap dua hari sekali dengan mesin cuci, lebih baik kamu mencuci sekali waktu di akhir minggu. Hal yang sama juga bisa diterapkan dalam hal menyetrika baju.

Selain itu, pilih mesin cuci sesuai kebutuhan. Jika hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tidak perlu sebesar yang biasa digunakan untuk usaha laundry, kan?

5. Cabut Kabel Yang Tidak Digunakan


Beberapa mungkin tidak mengetahui bahwa kabel charger yang tetap menancap pada stok kontak, akan terus dialiri listrik meski gadgetnya sudah kamu cabut. Jadi, biasakan mencabut kabel charger sesaat setelah selesai, ya. Daripada buang-buang listrik percuma, mending buang-buang sedikit waktu untuk mencabut, kan? Jangan malas, ah.

6. Coba Pakai Listrik Prabayar


Satu lagi nih inovasi baru tentang bayar listrik. Sekarang kamu sudah bisa membayar dulu listrik yang akan kamu pakai sebulan ke depan. Prosedurnya mirip seperti isi pulsa ponsel kamu. Dengan ini, kamu bisa sadar pemakaian listrik kamu, dan akan membantu perhitungan kamu agar bisa lebih hemat lagi di bulan-bulan selanjutnya.


Nah, sudah baca tips dan trik agar listrik bisa lebih hemat, kan? Sekarang tinggal prakteknya saja, nih. Coba dan rasakan sendiri manfaatnya untuk kantongmu. Selamat mencoba, ya!


Source: Iyakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar