Breaking

Kamis, 07 Desember 2017

5 Hal Pasti Yang Bisa Merusak Sistem Kerja Ginjal dan Hati Kamu

5 Hal Pasti Yang Bisa Merusak Sistem Kerja Ginjal dan Hati Kamu

Terkadang, tanpa kita disadari kita sering melakukan hal-hal yang membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan ginjal. Misalnya saja kebiasaan menahan pipis, bahkan hingga berjam-jam lamanya.

Nah kebiasaan apa aja sih yang bisa bikin ginjalmu rusak? Yuk, perhatikan 5 Hal Pasti Yang Bisa Merusak Sistem Kerja Ginjal dan Hati Kamu!

1. Menahan Kencing

Jangan biarkan padatnya aktivitas membuat Anda terbiasa menahan buang air kecil atau kencing. Hal itu dapat meningkatkan tekanan dan pengkristalan yang berujung gagal ginjal atau batu ginjal.

2. Minum Alkohol

Selain tidak halal, minum alcohol berdampak buruk pada ginjal. Efek dari minum minuman keras beralkohol secara rutin akan meningkatkan tekanan pada hati dan ginjal hingga keduanya akan menjadi rusak.

3. Kurang Minum Air Putih

Begitu mudahnya air putih didapatkan, namun tak sedikit yang mengabaikan jumlah yang harus dipenuhi untuk tubuh setiap hari. Kurangnya air putih akan mengakibatkan penumpukan limbah dan racun sehingga berbahaya bagi ginjal.

4. Kurang Tidur

Aktivitas yang padat sebaiknya diimbangi dengan istirahat yang cukup. Kekurangan tidur bisa menjadi sebab berbagai penyakit, di antaranya ginjal. Selama terjaga ginjal pun akan kekurangan istirahat karena harus terus bekerja mengolah cairan. Baiknya, biarkan organ tubuh Anda ikut beristirahat.

5. Penyalahgunaan Obat Pereda Nyeri

Beberapa jenis obat, terutama pereda nyeri mengandung bahan kimia berbahaya. Jika dikonsumsi terus-menerus tanpa anjuran yang tepat dari dokter, maka akan menimbulkan komplikasi pada hati dan ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar