Breaking

Jumat, 23 Juni 2017

6 Kegiatan Seru Pada Saat Malam Takbir

6 Kegiatan Seru Pada Saat Malam Takbir



Lebaran sebentar lagi tiba nih, tak terasa ya kita sudah hampir sebulan melakukan ibadah puasa. Tentu ada banyak sekali cobaan dan tantangannya. Namun semua itu tidak akan terasa, apalagi setelah kamu mendengar gema takbir dikumandangkan di berbagi penjuru.

Takbir mulai terdengar saat malam lebaran, di mana umat Islam memang diperintahkan untuk meramaikan malam menjelang lebaran dengan kegiatan baik seperti takbiran. Selain itu ada beberapa kegiatan lain yang bisa kamu lakukan, apa saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.


Membeli baju baru



Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri identik dengan berbagai perlengkapan serba baru. Salah satunya adalah yang melekat di tubuh kamu yaitu baju dan celana. Karena lebaran adalah momen yang istimewa, maka  sudah menjadi tradisi untuk tampil dengan pakaian yang serba baru sebagai simbol membuka lembaran baru dengan harapan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Setelah semua kebutuhan lebaran di rumah sudah siap. Mulai dari rumah yang bersih hingga kue lebaran untuk menjamu tamu, kamu bisa meluangkan waktu untuk membeli baju baru buat besok. Memang pasti keadaan jalanan akan ramai dan macet, jadi kamu harus berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan.

Membuat kue lebaran



Selain baju baru, lebaran juga identik dengan kuliner khasnya lho. Saat ada tamu tentu harus dijamu dengan baik kan? Salah satu caranya adalah dengan menyediakan kue. Ada banyak sekali jenisnya, kamu bisa membeli atau mungkin membuat sendiri. Tentu saja akan ada sensasi tersendiri saat kamu membuat adonan dan memanggangnya hingga matang. Kamu bisa membanggakan kue buatanmu pada para tamu saat lebaran nanti.

Takbir keliling kampung



Ini adalah tradisi yang seru dilakukan sejak dahulu,kebanyakan adalah anak-anak di kampung yang ingin mengisi malam Idul Fitri dengan cara yang lebih seru. Tentu saja sambil menggemakan takbir, kamu bisa keliling kampung. Bisanya agar suasana makin meriah, takbir diiringi dengan musik tradisional seperti bedug dan kentongan. cara ini banyak ditemui di berbagai daerah terutama di Pulau Jawa. Biasanya jika di kampung keliling dengan berjalan kaki, namun di Kota yang lebih besar takbir keliling menggunakan kendaraan.

Pawai obor



Tradisi takbiran hanya dilakukan saat lebaran tiba. Karena hanya setahun sekali, maka harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan pawai obor, yaitu keliling kampung dengan merapalkan takbir sambil membawa obor yang menyala. cahaya obor membuat suasana jadi makin ramai dan menyenangkan.

Menjadi panitia zakat



Kamu juga mengisi malam lebaran dengan hal yang lebih mulia lagi yaitu dengan menjadi panitia zakat. Tentu menjelang lebaran yang hanya tinggal hitungan jam akan ada banyak orang yang berbondong-bondong menyampaikan zakat wajibnya. Kamu bisa bergabung dengan pengurus yang biasanya dibentuk oleh takmir Masjid. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pahala yang besar di malam yang istimewa pula.

Takbir di masjid



Takbir juga tidak hanya dilakukan dengan keliling saja, mengagungkan nama Tuhan adalah cara kita untuk meramaikan malam Idul Fitri. Dan untuk itu, kita bisa melakukannya di berbagai tempat. Bisa di rumah, di jalanan, termasuk juga saat ada di Masjid. kamu bisa meluangkan waktu untuk berdiam di Masjid sambil bertakbir menyambut hari kemenangan yang akan segara datang.


Source: Iyakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar